Teks Persuasif, Berikut Ciri-ciri Dan Contohnya

Teks persuasif merupakan salah satu teks yang bertujuan untuk membujuk orang lain.

Menurut Keraf, persuasi bertujuan untuk meyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang dihendaki pada waktu sekarang atau pada waktu yang akan datang.

Dalam hal ini media yang digunakan bisa berbentuk tulisan, cetakan atau elektronik.

Jadi, paragraf atau teks persuasi bisa didefinisikan suatu keahlian penulis mengunakan bahasa tulisan untuk menyakinkan pembaca agar percaya kepada penulis.

Dikutip dari Buku Penyuluhan Paragraf Kemdikbud, tujuan dari paragraf persuasi adalah untuk membujuk pembaca agar mau melakukan sesuatu sesuai dengan yang diinginginkan penulisnya.

Agar tujuan tersebut dapat tercapai, maka penulis harus mampu menyampaikan bukti dengan data dan juga fakta pendukung.

Contoh paragraf persuasi yang sering ditemukan di antaranya seperti propaganda yang dilakukan oleh sebuah lembaga atau organisasi.

Baca juga :  Latihan Soal PJOK Kelas 5 SD Semester 2 Dan Kunci Jawaban, 30 Pilihan Ganda Dan 5 Esai

Bisa pula seperti iklan yang disampaikan untuk menarik perhatian konsumen dan mempromosikan suatu produk.

Ungkapan yang sering ditemui dalam paragraf persuasi berisi ajakan sepeti kata ‘Ayo’ atau ‘Mari’.

Ciri-ciri Teks Persuasi

Menurut Darmawati (2018, hlm. 48-49) ciri utama teks persuasi adalah berusaha menarik, meyakinkan, dan merebut perhatian pembaca.

Ciri-ciri teks persuasi sebagai berikut:

Struktur Teks Persuasi

Tim Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia (2014, hlm. 176) mengatakan, teks persuasi memiliki struktur sebagai berikut.

Contoh Paragraf Persuasi

1. Pencemaran Sungai Ciliwung sudah sangat parah dan dapat dikategorikan sebagai pencemaran tingkat berat. Rumah tangga merupakan penyumbang terbesar sampah di Sungai Ciliwung. Jika kondisi ini terus berlanjut, sejumlah daerah yang menggantungkan sumber air dari Sungai Ciliwung dikhawatirkan akan mengalami krisis. Untuk itu, kesadaran untuk menjaga lingkungan perlu ditanamkan secara kuat kepada masyarakat. Jika lingkungan terjaga, kita jugalah yang akan diuntungkan.

Baca juga :  Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 169 Dan 170, Tugas Materi Tolak Peluru

Bentuk persuadi dalam paragraf diatas ditunjukkan pada dua kalimat terakhir.

Kalimat tersebut yakni, kesadaran untuk menjaga lingkungan perlu ditanamkan secara kuat kepada masyarakat. Jika lingkungan terjaga, kita jugalah yang akan diuntungkan.

2. Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk menghasilkan penduduk yang berkualitas sebagai modal pembangunan. Tingkat pendidikan seseorang akan berpengaruh bagi penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang amat sangat penting pada abad ke-21 ini. Sebagai negara berkembang, Indonesia masih memiliki tingkat pendidikan yang bisa dibilang masih cukup rendah. Menurut data United Nation Development Programme (UNDP), tingkat pendidikan masyarakat Indonesia berada di peringkat 124 dari 187 negara yang disurvei. Tingginya angka putus sekolah karena ketidakadaan biaya mungkin menjadi sebab rendahnya tingkat pendidikan masyarakat Indonesia ini. Oleh karena itu, sudah saatnya pendidikan menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa. Seluruh lapisan masyarakat harus mengambil peran dalam pendidikan ini. Seluruh komponen masyarakatlah yang seharusnya membantu mereka yang membutuhkan agar dapat melanjutkan pendidikannya.

Baca juga :  Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 165 166 167, Penilaian Materi Aktivitas Atletik Lompat Jauh

Paragraf persuasif tampak pada tiga kalimat terakhir, yaitu sudah saatnya pendidikan menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa; Seluruh lapisan masyarakat harus mengambil peran dalam pendidikan ini; dan seluruh komponen masyarakatlah yang seharusnya membantu mereka yang membutuhkan agar dapat melanjutkan pendidikannya.

(*) Sumber: Buku Penyuluhan Paragraf, Kemdikbud

(Tribunnews.com/Tio)