Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis, Ada 7 Peluang Kerja Yang Menjanjikan Di Masa Depan

Jurusan Manajemen Bisnis bisa menjadi pilihan jurusan yang baik untuk dipelajari di perguruan tinggi.

Jurusan Manajemen Bisnis memuat bidang studi yang membahas mengenai dunia bisnis.

Manajemen Bisnis akan mendalami cara bagaimana bisnis baru dirintis, hingga bagaimana bisnis-bisnis dapat beroperasi dan berkembang dengan pesat.

Jurusan Manajemen Bisnis berfokus pada sisi analisis, perencanaan, dan operasi bisnis.

Dikutip dari gramedia.comSilabus pendidikannya sendiri mencakup cara pengelolaan organisasi, administrasi bisnis, strategi bisnis, dasar-dasar pemasaran, ekonomi, keuangan, hukum dan etika, perencanaan bisnis juga manajemen Sumber Daya Manusia (SDM).

Lulusan mahasiswa manajemen bisnis biasanya banyak perusahaan karena kemampuan yang dimiliki.

Prospek dan Peluang Kerja dari Lulusan Manajemen Bisnis:

1. Manajer Proyek

Manajer proyek memiliki tugas untuk merencanakan dan mengawasi semua aspek proyek, termasuk memulai, merencanakan, melaksanakan, memantau dan meringkas proyek.

Manajer proyek biasanya akan memastikan bahwa setiap proyek berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal.

Manajer proyek juga bertugas sebagai pengelola tim dan membagi tugas-tugasnya kedalam anggota tim tersebut, selain itu ia juga bertugas menyusun anggaran yang seefektif mungkin agar proyek berjalan dengan lancar.

Baca juga :  SEJARAH Hari Lahir Pancasila: Bermula Dari Dibentuknya BPUPKI Hingga Muncul Kata Pancasila

2. Perencana Bisnis Berkelanjutan

Posisi perencana bisnis berkelanjutan ini biasanya bertugas untuk bertanggung jawab dalam perencana bisnis.

Perencana bisnis berkelanjutan biasanya akan melakukan analisis risiko bisnis serta efeknya terhadap kelanjutan bisnis suatu perusahaan setelah krisis.

Perencana bisnis memiliki jenjang karir yang sangat bagus seperti analis, manajer, koordinator, hingga direktur manajemen bisnis berkelanjutan.

3. Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis dalam perusahaan biasanya memiliki tugas utama dalam menganalisis sebuah bisnis dan memberikan solusi agar sebuah bisnis dapat berkembang pesat atau keluar dari zona berbahaya.

Konsultan bisnis harus bisa menguasai beberapa ilmu pengetahuan dan teknis seperti keuangan, akuntansi, manajemen, bisnis, data analys dan lain sebagainya.

Konsultan bisnis juga harus memiliki kemampuan analisis yang baik, sehingga dapat menyusun strategi dan rencana yang strategis agar dapat diikuti oleh perusahaan untuk mencapai tujuan.

Baca juga :  SEJARAH Hari Lahir Pancasila Diperingati Setiap 1 Juni Dan Ditetapkan Sebagai Hari Libur Nasional

Konsultan bisnis, harus bisa memahami kebutuhan konsumen perusahaan dan kondisi pasar, sehingga keputusan yang diambil tepat dan memberikan pengaruh bagus bagi perusahaan.

4. Analisis Bisnis

Analis bisnis adalah seorang spesialis yang tanggung jawabnya mirip dengan konsultan bisnis.

Analis bisnis memiliki kedalaman dan keluasan pengetahuan yang mendalam di masing-masing bidang.

Analisis bisnis harus terbiasa dengan data-data, sehingga kemampuan analis data sangat diperlukan dalam proses kerjanya.

Beberapa kemampuan khusus yang harus dikuasai antara lain keuangan, teknologi informasi, bisnis, marketing, dan statistika dasar.

Posisi sebagai analisis bisnis sangat sesuai untuk orang yang suka berpikir, menanalisis dan menyukai tantangan untuk memecahkan suatu masalah kompleks pada sebuah bisnis.

5. Manajer Sumber Daya Manusia (SDM)

Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu prospek dan peluang kerja yang bagus bagi lulusan Manajemen Bisnis.

Tugas dari manajer SDM adalah mengelola karyawan mulai dari perekrutan, pelatihan, manajemen kinerja, motivasi karyawan, layanan konsultasi, menghitung kebutuhan karyawan organisasi dan masih banyak lagi.

Baca juga :  Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 SD Halaman 43 44 45 46 47 48 49 Subtema 1: Bebek Selalu Hidup Rukun

6. Manajer Bisnis

Manajer bisnis biasanya bekerja sebagai pengurus event danmengelola event di suatu perusahaan.

Manajer bisnis dapat membentuk tim atau EO (Event Organizer), kemudian melakukan merencanakan, membuat dan mengatur berlangsungnya sebuah acara sampai selesai dan sukses.

Manajer bisnis sangat berperan dalam kelancaran event sekala besar seperti konferensi, konser, konvensi, pameran, seminar, festival dan acara lain.

7. Manajer Operasional

Prospek kerja manajemen bisnis yang juga menjanjikan adalah menjadi manajer operasional.

Manajer operasional biasanya bertanggung jawab mengelola dan memantau tim memaksimalkan efisiensi, produktivitas, dan keuntungan untuk bisnis.

Manajemen operasi atau Manajemen operasional juga bertugas membuat anggaran, merumuskan prosedur (alur kerja) dan sistem serta menganalisis keuangan produksi mengendalikan pengeluaran.

Seorang manajer operasi memiliki tugas untuk menetapkan tujuan serta membagi dan mengawasi tugas para staffnya.

(/Oktavia WW)

Berita lain terkait Prospek Kerja