PPG Prajabatan 2022 Dibuka, Begini Struktur Kurikulum Perkuliahannya

PPG Prajabatan 2022 telah dibuka sejak 1 Juni 2022 melalui https://ppg.kemdikbud.go.id. Pada PPG Prajabatan tahun ini, sebanyak 40 ribu kuota telah disiapkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK).

Koordinator Pokja PPG Pra Jabatan, Dr. Zainun Misbah, M.Sc., mengatakan bahwa peran guru sangat penting dalam memastikan proses pembelajaran.

Oleh karena itu, pada tahun 2023-2024 ada sejumlah guru yang akan pensiun dan harus segera dipersiapkan melalui skema PPG Prajabatan.

“Tahun ini PPG Prajabatan menerima 40 ribu mahasiswa dari 15 bidang studi. Kalau melihat data, PPG ini sudah dilakukan dari tahun 2006 dengan beberapa metode dan yang lulus PPG ada 27.935, yang mana mereka punya sertifikat pendidik,” ucapnya dalam acara Sosialisasi PPG Prajabatan via YouTube PPG GTK Kemdikbud, Senin (6/6/2022).

“Sementara hingga 2022 ini ada 77.124 guru yang pensiun. Sehingga kalau tidak dipenuhi, kebutuhan guru akan semakin timpang,” tambahnya menjelaskan.

Baca juga :  H-1 Pengumuman SNMPTN 2022, Cek Hasil SNMPTN Di 31 Link Mirror Berikut Ini

Adapun bagi yang ingin menjadi guru dan mendaftar PPG Prajabatan 2022 bisa menyimak alur pelaksanaan dan struktur kurikulum perkuliahannya di bawah ini.

1. Test A – Ujian Masuk

2. Orientasi

3. Semester 1 – Blended Learning

– Perkuliahan berorientasi praktik (13 sks)

– Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah (6 sks)

– Pengamatan Siswa (observing teaching)

– Belajar mengajar (Assisting Teaching)

4. Semester 2 – Blended Learning

– Perkuliahan berorientasi praktik (9 sks)

– Proyek kepemimpinan di lingkungan masyarakat (1 sks)

– PPL di sekolah (10 sks)

5. Test B – Kelulusan Program

– Proyek Inovasi Pengajaran

– Proyek Studi Kasus Siswa yang Bermasalah (Leading Teaching)

6. Test C – Kelulusan Sertifikasi

Untuk struktur kurikulum PPG 2022, Dr. Zainun menjelaskan dalam paparannya sebagai berikut.

Baca juga :  Pengumuman UMPTKIN 2022 Dapat Dilihat Pukul 13.00 WIB Di Pengumuman.um-ptkin.ac.id

1. Mata kuliah inti – 33 SKS

Mata kuliah yang wajib diambil oleh calon guru dan harus lulus

2. Mata kuliah selektif – 4 SKS

Mata kuliah yang dipilih oleh calon guru dari sejumlah pilihan yang disediakan oleh perguruan tinggi penyelenggara program PPG Pra Jabatan

3. Mata kuliah efektif – 2 SKS

Mata kuliah yang dipilih oleh calon guru dari sejumlah pilihan yang disediakan oleh perguruan tinggi penyelenggara program PPG Pra Jabatan

1. Wajib mempunyai email aktif

2. Pendaftaran awal melalui https://ppg.kemdikbud.go.id. Jika sudah masuk laman tersebut, pilih menu Daftar PPG Prajabatan 2022.

3. Buat akun pendaftaran aplikasi SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Sewaktu tahap ini, data NIK akan diverifikasi secara otomatis.

4. Apabila data dinyatakan valid dan memenuhi ketentuan, maka akun akan berhasil dibuat.

5. Melakukan pendaftaran lanjutan dengan cara login atau masuk ke aplikasi SIMPKB memakai username dan password yang dikirim melalui email.

Baca juga :  Jalur Mandiri Universitas Negeri Makassar 2022: Syarat Pendaftaran Dan Biaya UKT Tiap Prodi

6. Sistem akan melakukan verifikasi data IPK dan kesetaraan/linieritas program studi dengan bidang studi PPG yang dipilih. Apabila dinyatakan valid, maka yang bersangkutan wajib mengisi pertanyaan esai. Jika sebaliknya, maka pendaftaran tidak dapat berlanjut.

7. Lanjut Pembayaran biaya PPG Prajabatan

8. Cetak kartu tes substantif dari aplikasi SIMPKB

Apabila dinyatakan lulus di setiap tahap hingga tes wawancara, maka yang bersangkutan akan diproses penempatannya di perguruan tinggi yang sesuai dengan bidang studi PPG yang dipilih.

Konfirmasi kesediaan ikut PPG Prajabatan di kampus yang ditentukan melalui aplikasi SIMPKB. Kemudian Ditjen GTK akan mengumumkan mahasiswa PPG prajabatan 2022 sebagaimana kuota yang disediakan.

Untuk informasi lengkap terkait PPG Prajabatan 2022 bisa diakses di laman https://ppg.kemdikbud.go.id. Semoga berhasil detikers!