Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 85 86 92 93 Subtema 2 Pembelajaran 3: Persatuan Bangsa

By | May 15, 2022

Berikut ini kunci jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 5 SD/MI Subtema 2 Pembelajaran 3 halaman 85, 86, 92, dan 93.

Soal dalam kunci jawaban ini adalah tentang rumah adat.

Kunci jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai pembanding jawaban dari orangtua maupun anak terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Sebaiknya, orangtua dan anak membaca terlebih dahulu setiap soal dan mencoba mengerjakan terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban ini.

Bacaan Halaman 83 – 85

Ayo Membaca

Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya beragam corak menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.

Perhatikan gambar-gambar yang mencerminkan makna penting persatuan dan kesatuan berikut.

Festival Budaya Nusantara menyajikan budaya dari berbagai daerah di wilayah Nusantara. Coba kamu amati gambar kolase yang menyajikan berbagai pentas budaya daerah di atas. Tampak indah bukan? Tentu lebih indah yang tampil bersama-sama bukan? Itulah makna pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain.

2. Toleransi dan Hidup Berdampingan dalam Perbedaan

Masyarakat Indonesia dikenal kemajemukannya, salah satunya kemajemukan agama. Kemajemukan masyarakat Indonesia bukan penghalang untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sebaliknya, kemajemukan yang ada justru menjadi modal yang kuat untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan bangsa akan tetap kukuh dengan adanya semangat menjalin rasa kemanusiaan. Tingginya sikap toleransi serta keharmonisan untuk hidup secara berdampingan dari segenap masyarakat Indonesia juga dapat mendukung persatuan dan kesatuan bangsa. Jadi, makna persatuan dan kesatuan tecermin pada sikap masyarakat yang senantiasa menjalin rasa kemanusiaan dan toleransi serta menjaga keharmonisan untuk hidup secara berdampingan.

3. Semangat Kekeluargaan dan Tolong-menolong

Menjalin rasa persahabatan, semangat kekeluargaan, dan tolong-menolong tercermin pada kegiatan gotong royong antarwarga masyarakat.

Dalam kegiatan gotong royong, semua perbedaan ditepiskan. Warga masyarakat saling bekerja sama dan bahu membahu menyelesaikan pekerjaan untuk kepentingan bersama tanpa memandang perbedaan satu sama lain. Dengan gotong royong, pekerjaan seberat apa pun terasa ringan dan pekerjaan cepat selesai. Itulah makna penting persatuan dan kesatuan yang tecermin dalam sikap menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap saling tolong-menolong antarsesama dan bersikap nasionalisme.

Kunci Jawaban Halaman 85

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengamati beberapa contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan makna pentingnya persatuan dan kesatuan. Berdasarkan contoh tersebut dapat diambil kesimpulan beberapa makna penting persatuan dan kesatuan. Apa sajakah makna penting persatuan dan kesatuan bangsa? Diskusikan bersama teman satu kelompokmu dan tuliskan hasil diskusi pada kotak berikut.

Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas.

Jawaban:

Laporan Hasil Diskusi

Makna penting persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai berikut.

1. Menjaga kerukunan antar daerah
2. Melestarikan budaya dengan saling mengenal
3. Menghindari pertikaian karena perbedaan

Kunci Jawaban Halaman 86

Ayo Berlatih

Menjalin persatuan dan kesatuan hendaknya kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam bentuk kegiatan gotong royong dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Masih banyak peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang biasa kamu alami atau kamu saksikan sebagai pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan. Sekarang, identifikasilah peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan.

Tuliskan dalam kotak berikut.

Jawaban:

Peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sikap menjalin persatuan dan kesatuan seperti berikut.

1. Membersihkan jalan bersama
2. Membantu tetangga membangun rumah
3. Membantu tetangga yang mengadakan hajatan
4. Saling menghargai perbedaan dalam agama, ras, suku, daerah
5. Mengizinkan teman atau tetangga melaksanakan kegiatan keagamaan

Kunci Jawaban Halaman 92

Ayo Berlatih

Banyak kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat di lingkungan sekitar kita, misalnya jasa tata boga, jasa angkutan umum, jasa pangkas rambut, pembuat gula merah, dan usaha kepariwisataan. Sekarang coba kamu lakukan pengamatan kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat tempat tinggalmu.

Identifikasilah kegiatan-kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk unggulan dari masyarakat tempat tinggalmu.

Jawaban:

Hasil Identifikasi

Kegiatan-Kegiatan Masyarakat di Lingkungan Sekitar:

Membuat kursi, meja dan tempat sampah dari bahan ban bekas

Membuat gas dengan memanfaatkan limbah sapi

Membuat pupuk kompos dengan sampah-sampah tumbuhan

Produk Unggulan:

Kursi, meja, dan tempat sampah ban bekas

Gas elpiji ramah lingkungan

Pupuk alami dan berkualitas

Kunci Jawaban Halaman 93

Ayo Berdiskusi

Banyak benda-benda bekas di sekitarmu yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Tentu saja dengan cara mendaur ulang, misalnya memanfaatkan gelas plastik bekas air mineral untuk bahan membuat bunga plastik. Selain itu, dapat pula memanfaatkan kerang-kerang sebagai bahan membuat hiasan atau pigura, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kesemuanya itu dapat dijual di tempat wisata sebagai suvenir. Pernahkah kamu menemukan kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan benda-benda bekas? Diskusikan bersama dua orang temanmu dengan menyebutkan benda bekas, cara pengolahan, dan cara penjualan hasil pengolahan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Jawaban:

Benda Bekas: ban bekas

Cara Pengolahan: Ban dibentuk dan disusun menjadi kursi, meja, dan tempat sampah. Kemudian, dirakit menggunakan besi

Cara penjualan: Hasil kreasi ban bekas di pajang di toko meubel atau dipasarkan melalui media online.

*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orangtua untuk memandu proses belajar anak.

Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

(/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait Kunci Jawaban