Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 45 46 47 48 Subtema 1 Pembelajaran 6: Kerukunan Antar Suku

Berikut ini kunci jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 5 SD/MI Subtema 1 Pembelajaran 6 halaman 45, 46, 47, dan 48.

Soal dalam kunci jawaban ini mengulas materi kerukunan antar suku, daerah, dan agama.

Kunci jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai pembanding jawaban dari orang tua maupun anak terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Sebaiknya, orang tua dan anak membaca terlebih dahulu setiap soal dan mencoba mengerjakan terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban ini.

Kunci Jawaban Halaman 45

Wilayah Indonesia membentang luas dari Sabang sampai Merauke. Bentang alam ini merupakan salah satu alasan Indonesia kaya akan keragaman budaya.

Keragaman budaya di antaranya berupa upacara adat, rumah adat, tari-tarian, dan berbagai lagu daerah. Hampir setiap daerah memiliki kebudayaan masing-masing. Banyaknya perbedaan kebudayaan dalam suku bangsa bisa menjadi sumber terjadinya konflik antara suku-suku bangsa dan golongan. Namun, keberagaman suku bangsa dan budaya tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Terbukti bangsa Indonesia tetap rukun dan bersatu.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beraneka ragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia. Kita memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Bendera kebangsaan kita merah putih sebagai lambang identitas bangsa. Kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

Baca juga :  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Halaman 64 Dan 65, Hak Dan Kewajiban Masyarakat

Apa menurutmu kerukunan itu? Apakah gambar di atas mencerminkan kerukunan? Tuliskan pendapatmu mengenai gambar di atas pada kolom berikut.

Jawaban:

Ya, gambar di atas mencerminkan kerukunan.

Kerukunan bangsa Indonesia harus dijaga, karena melambangkan persatuan dan kesatuan.

Jika antara suku dan daerah tidak memelihara kerukunan, maka Indonesia akan terpecah belah.

Hidup rukun harus dilakukan antara sesama anggota masyarakat. Hidup rukun akan membuat persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat. Agama dan suku setiap anggota masyarakat tentu berbeda. Walaupun berbeda anggota masyarakat harus hidup rukun, saling membantu dan menolong. Contoh hidup rukun di masyarakat, misalnya, bekerja sama dalam kebersihan dan keamanan lingkungan. Hidup menjadi lebih baik dan nyaman jika hidup dengan rukun.

Baca juga :  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 130 131 132 133 134 Subtema 2 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Halaman 46

Ayo Berlatih

Apa wujud perilakumu untuk hidup rukun sebagai warga masyarakat? Tuliskan dalam kolom berikut.

Jawaban:

Wujud perilaku rukun sebagai warga masyarakat adalah saling membantu saat menghadapi kesulitan tanpa memandang suku, ras, dan agama.

Melakukan kegiatan gotong royong bersama juga merupakan contoh perilaku rukun yang diterapkan di lingkunganku.

Kunci Jawaban Halaman 47 – 48

Ayo Mengamati

Hidup rukun juga harus diwujudkan antarumat beragama. Di Indonesia ada enam agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Banyak imbauan dan ajakan dari pemerintah untuk hidup rukun dan damai antarumat beragama. Perhatikan gambar berikut.

1. Apakah gambar di atas merupakan bentuk suatu iklan? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.

Jawaban:

Gambar di atas merupakan iklan karena berisi ajakan untuk mengikuti lomba fotografi, video, mobile App Games, Mars dan Hymne Kerukunan Beragama.

Baca juga :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 132 Kegiatan 5.2: Teks Eksplanasi

Selain itu, juga terdapat informasi lainnya seperti kategori peserta, gratis (tidak dipungut biaya pendaftaran), dan total hadiah.

2. Carilah iklan pada media cetak. Kemudian, tempelkan pada kolom berikut.

Jawaban:

3. Apa isi iklan dari media cetak yang kamu tempel di atas? Tuliskan pada kolom berikut.

Jawaban:

Isi iklan di atas adalah menawarkan Burger spesial dengan potongan harga 50 persen.

Burger dengan diskon 50 persen tersebut dapat dipesan melalui website atau via telepon dengan layanan delivery.

Iklan sering muncul di media cetak maupun media elektronik. Berbagai benda atau barang ditawarkan melalui iklan. Berbagai alat musik pun sering kali ditawarkan melalui iklan.

*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orangtua untuk memandu proses belajar anak.

Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait Kunci Jawaban