Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 31 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 4

Artikel ini memuat kunci jawaban Tema 8 Kelas 5 SD/MI halaman 31 Subtema 1 Pembelajaran 4.

Soal dalam kunci jawaban ini adalah jenis usaha masyarakat Indonesia.

Kunci jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai pembanding jawaban dari orangtua maupun anak terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Sebaiknya, orangtua dan anak membaca terlebih dahulu setiap soal dan mencoba mengerjakan terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban ini.

Ayo Membaca

Jenis Usaha Masyarakat Indonesia

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki usaha yang bergerak di bidang pertanian. Selain pertanian, ada bermacam-macam jenis usaha masyarakat Indonesia. Jenis usaha itu ada yang menghasilkan barang dan ada jenis usaha menghasilkan jasa. Berikut beberapa jenis usaha selain pertanian.

1. Perindustrian

Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin. Ada industri yang mengolah bahan baku atau mentah menjadi produk olahan. Ada industri yang hanya mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi. Ada pula industri yang mengolah bahan setengah jadi menjadi bahan jadi.

Baca juga :  Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 SD Halaman 16 Buku Tematik Subtema 1 Hidup Rukun Di Rumah

Ada industri besar dan industri kecil. Industri besar menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah besar. Industri kecil menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah lebih
kecil. Contoh industri kecil, antara lain perajin mebel, pembuatan tahu atau tempe, dan perajin keramik. Contoh industri besar antara lain industri baja, industri mobil, dan industri tekstil

2. Perdagangan

Perdagangan adalah semua hal yang berhubungan dengan kegiatan jual beli. Dalam perdagangan ada perpindahan hak milik. Pedagang membeli barang atau jasa dari suatu tempat pada waktu tertentu, kemudian menjualnya ke tempat lain dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Tanpa adanya perdagangan, setiap orang harus memproduksi sendiri segala kebutuhan hidupnya. Dengan adanya perdagangan, produsen menjual hasil produksinya pada konsumen. Barang-barang yang diperdagangkan antara lain bahan makanan, pakaian, hewan, barang elektronika, kendaraan bermotor, dan sebagainya.

3. Jasa

Jasa adalah segala aktivitas atau manfaat yang ditawarkan kepada orang lain (konsumen). Meskipun tidak menghasilkan barang seperti misalnya industri konfeksi menghasilkan pakaian. Usaha jasa memberikan pelayanan kepada konsumen. Contoh pekerjaan yang menjual jasa adalah guru, pengacara, dokter, montir mobil, jasa keuangan, pemandu wisata, dan sebagainya.

Baca juga :  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Halaman 133 134 135 136 Subtema 3 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Halaman 31

Ayo Mencoba

Kamu telah membaca teks “Jenis Usaha Masyarakat Indonesia”.

Temukan pengertian dan ciri-ciri dari setiap jenis usaha.

Tulislah pada peta pikiran berikut.

Jawaban:

Jenis Usaha Masyarakat Indonesia

1. Perindustrian

Pengertian:

Perindustrian adalah kegiatan usaha yang dilakukan dengan cara memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin sebagai alat produksi.

Ciri-ciri:

Menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah besar.

Industri dibedakan menjadi industri besar dan industri kecil.

Pengolahan usaha industri dibedakan berdasarkan tujuannya produksi, misal produksi bahan mentah menjadi produk olahan.

Biasanya memiliki karyawan yang banyak

Lokasi industri biasanya besar, misalnya pabrik tekstil.

2. Perdagangan

Pengertian:

Perdagangan adalah semua kegiatan usaha yang berhubungan dengan kegiatan jual beli.

Baca juga :  Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 134 135 139: Ciri-ciri Benda Berbentuk Tiga Dimensi

Ciri-ciri:

Ada perpindahan hak milik, dari penjual ke pembeli

Ada pedagang yang tidak memproduksi barang, namun membeli dari pemasok, lalu menjual lagi kepada pembeli dengan harga yang lebih mahal

Barang yang diperdagangkan beraneka ragam, tergantung jenis perdagangan, misalnya perdagangan bahan makanan, kendaraan, pakaian, hewan, dll

Barang tertentu memiliki nilai dalam mata uang

3. Jasa

Pengertian:

Usaha jasa adalah jenis usaha yang melibatkan segala aktivitas atau manfaat yang ditawarkan kepada orang lain (konsumen) dan tidak berwujud barang.

Ciri-ciri:

Usaha jasa biasanya bersifat pelayanan, tenaga, ilmu, atau keahlian, misalnya dokter

Tidak menghasilkan barang produksi

Tidak ada kepemilikan barang oleh konsumen

Hasil dari usaha jasa berbeda-beda, tergantung kepuasan konsumen

*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orangtua untuk memandu proses belajar anak.

Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

(/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait Kunci Jawaban