Kunci Jawaban PJOK Kelas 9 Halaman 112 113 114 115 116, Bab 4: Aktivitas Bela Diri

Berikut kunci jawaban PJOK kelas 9 halaman 112, 113, 114, 115, dan 116.

Tugas ini sebagai bahan penilaian serta evaluasi bab 4 PJOK kelas 9 mengenai Aktivitas Bela Diri.

Tugas PJOK pada bab ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 9 soal essay.

Siswa diharapkan mengerjakan secara mandiri soal yang ada di Buku PJOK kelas 9 halaman 112 sampai 116.

Kunci jawaban PJOK kelas 9 halaman 112-116 ini diperuntukkan bagi orang tua untuk membimbing siswa dalam mengerjakan soal.

Tribunnews.com tidak bertanggung jawab dalam perbedaan jawaban pada kunci jawaban PJOK kelas 9 halaman 112 hingga 116.

Tugas Individu

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d yang merupakan jawaban paling benar. Tugas ini dikerjakan di buku tugas.

1. Pada saat lawan mengubah posisinya serang dengan pukulan siku pada bagian ulu hatinya dan disusul dengan tendangan samping. Gerakan ini merupakan pengembangan taktik . . . .

Jawaban: a. menggoyah pertahanan lawan

2. Ketika lawan melangkah maju untuk menyerang, lakukan tendangan belakang. Gerakan ini merupakan pengembangan taktik . . . .

Jawaban: b. melakukan serangan pendahuluan

3. Sambut tangan lawan yang digunakan memukul dan tarik ke arah pukulan, bersamaan serang lawan dengan lutut. Gerakan ini merupakan pengembangan taktik . . . .

Jawaban: d. mengelak dari pukulan lawan

4. Lakukan pukulan ke arah lipatan paha atau perut dengan tangan atau menendangnya ke arah lipatan paha. Gerakan ini merupakan pengembangan taktik . . . .

Baca juga :  Mengenal Modernisasi Dan Budaya Masyarakat Di Indonesia

Jawaban: e. mengelak dari tendangan lawan

5. Lakukan tangkapan dengan tangan kanan ke arah luar. Gerakan ini merupakan pengembangan taktik . . . .

Jawaban: b. menangkis dari pukulan lawan

6. Lakukan tangkisan dengan tangan kanan ke arah luar dan tangan yang digunakan menangkis langsung pukulkan ke hidung lawan. Gerakan ini merupakan pengembangan taktik . . . .

Jawaban: b. menangkis dari pukulan lawan

7. Pesilat B mengunci lawan dengan menggeser kaki ke dalam dan tangan lawan diputar dan ditahan gerakannya. Gerakan ini merupakan . . . .

Jawaban: c. mengunci siku lawan

8. Pesilat A menyikut ke belakang dengan siku tangan kiri dan pesilat B menangkis dan menangkap siku tersebut. Gerakan ini merupakan . . . .

Jawaban: d. menahan siku lawan dari atas bahu

9. Pesilat A melancarkan pukulan dengan tangan kanan lurus ke arah pesilat B. Pesilat B menangkis dengan menggunakan teknik tangkisan luar. Gerakan ini merupakan . . . .

Jawaban: c. mengunci siku lawan

10. Dalam melakukan serangan maupun pertahanan, hal pokok yang harus diperhatikan adalah . . . .

Jawaban: a. kuda-kuda

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat. Tugas ini dikerjakan di rumah dan dikerjakan pada buku tugas.

1. Sebutkan macam-macam teknik dan taktik serangan.

Baca juga :  Memahami Hukum Bacaan Nun Sukun Atau Tanwin Beserta Contoh Dan Cara Membacanya

Jawaban:

– Teknik serangan menggunakan lengan – Teknik serangan menggunakan kaki – Taktik serangan langsung – Taktik serangan tidak langsung

2. Sebutkan macam-macam pengembangan teknik dan taktik bela serang.

Jawaban:

– Taktik mengelak dari pukulan lawan – Taktik mengelak dari tendangan lawan

3. Sebutkan macam-macam rangkaian teknik pencak silat berpasangan.

Jawaban:

– Menggoyahkan pertahanan lawan. – Melakukan serangan pendahuluan. – Mengelak dari pukulan lawan. – Mengelak dari tendangan lawan. – Menangkis dari tendangan lawan. – Menangkis dari pukulan lawan. – Mengunci lawan dari luar tangan. – Mengunci lawan dari dalam tangan. – Mengunci siku tangan. – Mengunci siku lawan dari atas bahu. – Menjatuhkan lawan dengan mengambil kaki luar.

4. Jelaskan cara menggoyahkan pertahanan lawan.

Jawaban:

Taktik menggoyahkan pertahanan lawan dilakukan dengan cara sebagai berikut: – Lakukanlah sikap pasang kuda-kuda. – Alihakan perhatian lawan dengan cara mencolok, memukul, atau menendang. – Ketika perhatian lawan teralihkan dan dia berusaha mengelak, segera serang dengan siku pada bagian ulu hatinya, disusul tendangan samping.

5. Jelaskan cara melakukan serangan pendahuluan.

Jawaban:

– Pertama, lakukan sikap pasang kuda-kuda. – Kedua, serang lawan dengan memukul menggunakan tangan kanan. – Kaki yang berada di depan dilangkahkan ke belakang, bersamaan gerakan memutar badan. – Kemudian ketika lawan melangkah maju untuk menyerang, serang terlebih dahulu dengan tendangan belakang.

Baca juga :  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 1 SD Halaman 72 78 79 80 Pembelajaran 3 Subtema 2

6. Jelaskan cara melakukan menangkis dari pukulan lawan.

Jawaban:

– Sikap pasang. – Tangkis lawan dengan tangan kanan ke arah luar, lalu tangan yang digunakan menangkis dipukulkan ke hidung lawan. – Susul pukulan pertama, dengan pukulan ke dua ke arah dada sembari melangkahkan kaki kiri ke depan.

7. Jelaskan cara mengunci lawan dari luar tangan.

Jawaban:

– Pesilat A memukul lurus ke wajah pesilat B. – Pesilat B menyambut dengan tangkapan dua tangan, kemudian geser kaki ke arah dalam, bersamaan memutar tangan pesilat A dari luar hingga terkunci dan tertahan gerakannya.

8. Jelaskan cara mengunci siku lawan.

Jawaban:

– Pesilat A melakukan serangan pukulan lurus ke Pesilat B. Pesilat B menagkis ke luar. – Pesilat A menyikut ke arah belakang dengan tangan kiri. Lalu pesilat B menangkis dan menangkap siku. – Pesilat A melakukan pembelaan dengan memutar dan menyunci siku dari pesilat B.

9. Jelaskan cara menjatuhkan lawan dengan mengambil kaki luar.

Jawaban:

– lawan memukul lurus ke arah wajah, kemudian tangkislah dengan tangkisan luar. – Jatuhkan badan sembari menyapu kaki lawan secara melingkar / melengkung busur hingga lawan terjatuh.

(Tribunnews.com/Enggar Kusuma)