Kunci Jawaban Kelas 3 SD Tema 8 Halaman 66 67 68 Subtema 2 Tematik: Karangan Letak Tanda Pramuka

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 untuk kelas 3 SD/MI subtema 2 pembelajaran 2 halaman 66, 67, dan 68 mengenai Aku Anak Mandiri.

Sejumlah soal ada dalam buku Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kelas 3 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 halaman 64 hingga 70.

Soal yang muncul di antaranya Apa arti bermusyawarah?

Soal lainnya adalah tuliskan karangan tentang anggota pramuka harus mengenal tanda pramuka.

Ada empat subtema dalam Buku Tematik kelas 3 SD Tema 8 yang berjudul Praja Muda Karana.

Pada Subtema 2, siswa kelas 3 SD akan belajar mengenai Aku Anak Mandiri.

Ada beberapa pembelajaran yang bisa dikerjakan siswa kelas 3 SD/MI dalam Buku Tematik Tema 8 subtema 2.

Inilah kunci jawaban Tema 8 untuk kelas 3 SD/MI Subtema 2 Pembelajaran 2 halaman 66, 67, dan 68:

Mandiri dalam Mengambil Keputusan

Anggota pramuka dilatih untuk mengambil keputusan secara mandiri. Misalkan mengambil keputusan dalam menentukan nama kelompok. Semua anggota kelompok akan ikut berdiskusi. Setiap anggota kelompok dapat menyampaikan pendapat. Diskusi kelompok dipimpin oleh ketua kelompok. Setelah selesai berdiskusi, semua anggota setuju. Nama kelompok telah ditetapkan.

Salah satu janji pramuka yaitu patuh dan suka bermusyawarah. Bermusyawarah artinya berdiskusi untuk membicarakan masalah. Bermusyawarah juga untuk menyelesaikan masalah.

Bermusyawarah juga merupakan salah satu pengamalan sila Pancasila. Bermusyawarah merupakan pengamalan sila keempat. Sila keempat berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Simbol sila keempat Pancasila berupa kepala banteng.

Baca juga :  Program Beasiswa Indonesia Maju 2022 Dari Kemendikbud, Ini Perbedaan Beasiswa Gelar Dan Non Gelar

Berikut ini contoh-contoh pelaksanaan sila keempat Pancasila.

Ayo Berlatih (Halaman 65-66)

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan bacaan!

1. Apa arti bermusyawarah?

2. Sebutkan 3 contoh kegiatan bermusyawarah!

3. Termasuk pengamalan sila keberapa kegiatan bermusyawarah?

4. Apa simbol dari sila Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan?

Jawaban:

1. Arti bermusyawarah adalah berdiskusi untuk membicarakan masalah serta menyelesaikan masalah.

2. Tiga contoh kegiatan bermusyawarah:

Menentukan ketua kelas

Memilih ketua kelompok

Melerai teman yang berselisih atau berbeda pendapat

3. Kegiatan bermusyawarah termasuk pengamalan sila keempat dalam Pancasila.

4. Simbol dari sila Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan adalah kepala banteng.

Tuliskan pendapatmu mengenai hal berikut ini!

Bandingkan pendapatmu dengan pendapat temanmu!

Bagaimana cara musyawarah agar berjalan dengan lancar?

Jawaban:

Peserta musyawarah harus saling menghormati atau menghargai setiap pendapat orang lain.

Meeka juga tidak boleh hanya mementingkan pendapat sendiri.

Apa yang kamu lakukan jika ada teman yang berbeda pendapat?

Jawaban:

Yang dilakukan jika ada teman yang berbeda pendapat adalah tetap mendengar dan menghargai pendapat teman.

Jika pendapat teman lebih bagus dan baik, kita bisa menggunakannya.

Ayo Berlatih (Halaman 66-67)

Perhatikan gambar berikut ini!

Anggota pramuka harus mengenal tanda pramuka. Anggota pramuka harus mengetahui letak tanda pramuka. Anggota pramuka berlatih mengenal tanda pramuka melalui kegiatan berdiskusi.

Baca juga :  Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 SD Halaman 171 172 173 174 Subtema 4 Tematik: Luas Kipas Dan Hemat Air

Buatlah cerita berdasarkan gambar tersebut!

Tuliskan karangan pada tempat berikut ini!

Jawaban:

Pramuga siaga SD Nusantara sedang berlatih mengenal tanda pramuka. Seluruh anggota barung mengamati seragam pramuka siaga. Setelah mengamati, mereka berdiskusi mengenai letak tanda pramuka. Pengetahuan tentang letak tanda pramuka sangat penting bagi pramuka siaga.

Pertama, mereka mengenal tanda Pandu Dunia berwarna dasar ungu. Untuk putri berbentuk lingkaran, dipasang dikerah baju sebelah kanan. Sementara untuk putra, tanda Pandu Dunia berbentuk persegi. Tanda ini dipasang di dada (di atas papan nama) sebelah kanan.

Kedua, ada tanda Pelantikan yang berwarna dasar cokelat tua. Untuk putri, tanda Pelantikan berbentuk lingkaran dan di pasang di kerah baju sebelah kiri. Sementara untuk putra, dipasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.

Selanjutnya, mereka mengenal papan nama yang berwarna dasar cokelat muda. Baik putra maupun putri dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia.

Keempat, ada tanda lokasi Kwarcab yang memuat nama kwartir cabang (kabupaten/kota) di mana anggota pramuka tinggal. Baik pada seragam putra maupun putri dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas.

Kelima, ada tanda gugus depan yang memuat nomor gugus depan di mana anggota pramuka bergabung. Baik pada putra maupun putri, dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah tanda lokasi Kwarcab. Untuk anggota putri, nomor gudepnya genap, sedangkan untuk putra nomornya ganjil.

Baca juga :  Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP Halaman 29: Objek Pengamatan IPA

Keenam, mereka juga mengenal lencana/badge daerah yang memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tinggal. Tanda ini dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah tanda Gudep.

Kemudian ada Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga yang berbentuk segitiga terbalik. Baik pada seragam putra maupun putri, dipasang lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah lencana/badge daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal lima buah. Jika memiliki TKK lainnya (lebih dari lima) selebihnya dipasang di tetampan (selendang) TKK.

Selain itu, masih ada tanda jabatan berupa tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangannya di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.

Lalu ada tanda Barung yang Berbentuk segitiga dengan warna sesuai nama barungnya. Baik pada seragam putri maupun putra, dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.

Terakhir, ada Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga yang terdiri atas tiga tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda barung. Kini, mereka telah selesai mengenali dan memasang tanda pramuka di seragam putra dan putri.

Disclaimer:

Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

(/Sri Juliati)