Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 114 Dan 115: Uji Kompetensi

Berikut adalah kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 9 SMP halaman 114 dan 115 Uji Kompetensi.

Di halaman 114 dan 115, siswa diminta untuk menjawab soal Uji Kompetensi.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 114

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Jelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan secara seksual!

Jawaban: Perkembangbiakan secara seksual dapat dilakukan dengan tahapan penyerbukan (penempelan serbuk sari ke kepala putik) dan fertilisasi (pembuahan ovum (inti sel telur) oleh inti sel sperma kemudian membentuk zigot).

2. Terlihat sekumpulan kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang beraneka warna di halaman sekolah. Kupu-kupu yang hinggap pada bunga, ternyata dapat membantu penyerbukan pada bunga. Jelaskan bagaimana kupu-kupu dapat membantu proses penyerbukan pada bunga!

Baca juga :  Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 41 Dan 42, Soal Penyederhanaan Perkalian Bentuk Akar

Jawaban: Serbuk sari dari bunga akan menempel pada tubuh kupu-kupu yang hinggap. Kemudian ketika kupu-kupu berpindah ke bunga lain, serbuk sari yang menempel pada tubuhnya akan ikut berpindah dan menempel pada putik bunga lain.

3. Beni telah mengembangbiakkan pohon mangga, satu dengan cara mencangkok dan satu dengan cara menanam bijinya. Dari kedua cara menanam tersebut analisislah, manakah di antara kedua cara penanaman tersebut yang akan menghasilkan sifat yang sama dengan induknya? Manakah yang akan cepat berbuah? Kaitkan dengan perbedaan sifat keturunan hasil perkembangbiakan vegetatif dan generatif!

Baca juga :  Contoh Soal PAT/UAS Tema 9 Muatan Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Kelas 4 SD

Jawaban: Tanaman hasil cangkok memiliki sifat yang sama dengan induknya, dan akan berbuah lebih cepat. Sedangkan tanaman hasil tanam biji bisa memiliki sifat yang bervariasi dan tidak selalu sama sifatnya dengan induk.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 115

4. Nyamuk merupakan salah satu serangga yang banyak merugikan dalam kehidupan manusia yang dalam perkembangan hidupnya mengalami metamorfosis sempurna. Upaya apakah yang efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan kita?

Jawaban: Upaya efektif dalam pengendalian nyamuk di lingkungan sekitar bisa dilakukan dengan 3M, yakni:

– Menutup tempat penampungan air

– Menguras tempat penampungan air secara rutin

Baca juga :  Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 46 47 Subtema 1 Pembelajaran 4: Masa Pergerakan Nasional

– Mengubur barang bekas yang bisa menjadi tempat air menggenang.

5. Ayam petelur diberi perlakuan khusus agar dapat menghasilkan telur. Telur ayam yang dihasilkan oleh ayam petelur apabila dierami tidak akan menetas menjadi anak ayam. Analisislah mengapa telur tersebut tidak dapat berkembang menjadi anak ayam!

Jawaban: Karena telur dari ayam petelur dihasilkan tidak melalui proses pembuahan (fertilisasi). Sehingga tidak mengandung embrio dan tidak akan menetas.

Disclaimer:

Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Kunci Jawaban Lainnya

(Tribunnews.com/Widya)