Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 6 Halaman 57: Mencari Gagasan Utama Paragraf

Berikut ini kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 6 halaman 57.

Soal dalam kunci jawaban ini adalah mencari gagasan utama dalam paragraf.

Kunci jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai pembanding jawaban dari orang tua maupun anak terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Sebaiknya, orang tua dan anak membaca terlebih dahulu setiap soal dan mencoba mengerjakan terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban ini.

Kunci Jawaban Halaman 57

Simaklah bacaan yang akan dibacakan oleh gurumu!

Cermati informasi-informasi yang disampaikan dalam bacaan tersebut. Catatlah gagasan utama dan informasi penting yang kamu temukan dalam tiap paragraf pada bacaan.

Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam

Memasuki musim hujan, terjadi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri banjir pun melanda di berbagai tempat. Berbagai faktor penyebab banjir berulang dari tahun ke tahun. Rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, penebangan liar, pembangunan permukiman tanpa mengindahkan topografi wilayah merupakan penyebab bencana tersebut. Pendangkalan dan penyempitan badan sungai membuat sungai meluap. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor alam. Namun, ada pula ulah manusia yang mempercepat terjadinya hal ini. Menjamurnya rumah di bantaran sungai, misalnya. Permasalahan ini sering terjadi di kota yang berpenduduk padat.

Di sisi lain, penertiban permukiman liar di bantaran sungai juga menjadi kesulitan pemerintah daerah sepanjang waktu. Dari tahun ke tahun, warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung, Jakarta harus selalu siaga ketika curah hujan mulai meninggi. Luapan sungai dapat terjadi hingga ketinggian 1-2 meter di dalam rumah. Bukan hanya barang yang harus di selamatkan, nyawa pun menjadi taruhannya. Sudah diperingatkan bahwa permukiman di bantaran sungai sangat berisiko ketika curah hujan tinggi. Namun, tetap saja mereka kembali ketika banjir telah surut. Tumbuhnya permukiman liar di bantaran sungai mendorong penyempitan badan sungai.

Baca juga :  Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 48: Australia, Keadaan Alam, Komoditas, Dan Distribusi Penduduk

Aktivitas harian warga, seperti mencuci dan membuang sampah di sungai juga makin mempercepat pendangkalan sungai. Di Manado, Sulawesi Utara, rawan banjir dan longsor justru terjadi akibat pembangunan kota yang tidak mengindahkan topografi. Sebagian besar wilayah Manado terdiri atas perbukitan, sementara wilayah daratan dengan permukaan datar sangat terbatas luasnya. Sejalan dengan bertambahnya penduduk, banyak bukit dan lereng kemudian diubah menjadi perumahan.

Membaca sekilas dilakukan di dalam hati atau tanpa suara untuk menemukan gagasan utama. Gagasan utama disebut juga ide utama atau inti dari sebuah paragraf. Gagasan utama dalam paragraf dapat ditemukan di awal, tengah, atau akhir paragraf.

Dalam teks agak panjang, biasanya terdapat 150-200 kata. Teks di susun dari gagasan utama dan gagasan pendukung. Setiap paragraf memiliki satu gagasan utama yang merupakan inti dari pesan yang akan disampaikan. Beberapa gagasan utama paragraf dapat dijadikan dasar untuk menemukan pokok pikiran dari suatu teks. Oleh sebab itu, sebelum mencari pokok pikiran dari suatu teks, temukan dahulu gagasan utama setiap paragraf.

Baca juga :  Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 7, Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

Soal:

Presentasikan di depan kelas, gagasan utama dan informasi penting dalam setiap paragraf. Sebelum presentasi, tuliskan terlebih dahulu gagasan utama dan informasi penting pada tiap paragraf di peta konsep yang disediakan di bawah ini!

Jawaban:

Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam

Paragraf 1

Gagasan utama:

Banjir di beberapa wilayah di Indonesia disebabkan oleh banyak hal.

Informasi penting:

Beberapa penyebab banjir adalah:

Rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan

Penebangan liar

Pembangunan permukiman tanpa mengindahkan topografi wilayah

Pendangkalan dan penyempitan badan sungai membuat sungai meluap.

Pembangunan pemukiman di sekitar sungai

Curah hujan yang meningkat.

Paragraf 2

Gagasan utama:

Banyaknya pemukiman di bantaran sungai dapat menimbulkan sempitnya badan sungai.

Informasi penting:

Pemerintah sulit meneritibkan warga agar tidak membangun rumah di pinggir sungai Ciliwung

Setiap tahun terjadi banjir di bantaran Sungai Ciliwung, Jakarta ketika curah hujan mulai meninggi

Luapan sungai dapat terjadi hingga ketinggian 1-2 meter di dalam rumah

Pemerintah dan warga kesulitan menyelamatkan barang dan juga warga korban banjir

Paragraf 3

Gagasan utama:

Perbedaan banjir di dataran rendah dan dataran tinggi.

Informasi penting:

Banjir dapat terjadi karena pendangkalan sungai yang disebabkan menumpuknya sampah.

Di Manado, Sulawesi Utara, rawan banjir dan longsor karena pembangunan kota yang tidak mengindahkan topografi.

Sebagian besar wilayah Manado terdiri atas perbukitan, ketika bertambahnya penduduk, maka banyak bukit dan lereng yang diubah menjadi perumahan.

Baca juga :  LOGIN Snmpn.politeknik.or.id Untuk Cek Pengumuman Hasil SNMPN 2022 Hari Ini!

Paragraf 4

Gagasan utama:

Membaca sekilas dilakukan di dalam hati atau tanpa suara untuk menemukan gagasan utama.

Informasi penting:

Gagasan utama disebut juga ide utama atau inti dari sebuah paragraf

Gagasan utama dalam paragraf dapat ditemukan di awal, tengah, atau akhir paragraf

Teks di susun dari gagasan utama dan gagasan pendukung

Setiap paragraf memiliki satu gagasan utama

Sebelum mencari pokok pikiran dari suatu teks, harus menemukan gagasan utama setiap paragraf terlebih dahulu.

Berdasarkan gagasan utama dan informasi penting yang kamu temukan, buatlah sebuah ringkasan singkat tentang bacaan “Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam”.

Jawaban:

Ringkasan bacaan “Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam”

Banjir dapat disebabkan oleh rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, penebangan liar, pembangunan permukiman tanpa mengindahkan topografi wilayah, pendangkalan dan penyempitan badan sungai membuat sungai meluap.

Selain itu banjir di daratan rendah, terutama daerah yang dekat dengan sungai disebabkan oleh pembangunan pemukiman di sekitar sungai, menumpuknya sampah di sungai, dan curah hujan yang meningkat.

Banjir di dataran tinggi dapat terjadi karena daerah perbukitan digunakan sebagai pemukiman tanpa memperhatikan topografi wilayah.

*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orangtua untuk memandu proses belajar anak.

Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

(/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait Kunci Jawaban