Indonesia-Prancis Perkuat Kerja Sama Pendidikan Lewat Institut Francais D’Indonesie Di Serpong

By | May 13, 2022

JAKARTA – Indonesia dan Prancis memperkuat kerja sama di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Kerja sama tersebut tertuang melalui pembukaan Institut Francais d’Indonesie (IFI) Serpong yang berkolaborasi dengan Universitas Pradita.

Kedutaan Besar Prancis menganggap kerja sama ini menjadi awal mula yang dapat memperkuat kerja sama bilateral kedua negara.

“Kerja sama dengan Universitas Pradita ini menjadi awal mula yang baik dalam memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Prancis di bidang pendidikan, melalui adanya IFI Serpong,” jelas Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard melalui keterangan tertulis, Sabtu (29/1/2022).

Universitas Pradita dalam melaksanakan IFI Serpong juga menekankan bahwa kerja sama seperti ini baru pertama kali dilakukan, yaitu dengan Universitas Pradita.

“Nantinya, IFI Serpong akan menjadi tempat saling bertukarnya kebudayaan dua negara, yang tentunya semakin memperkaya fitur-fitur yang terdapat di kampus ini, sehingga Universitas Pradita dapat menjadi magnet bagi masyarakat,” jelas Ketua Yayasan Pendidikan Pradita Indonesia Herman Nagaria.

Direktur IFI Stephane Dovert mengatakan Universitas Pradita adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang menyelenggarakan kerja sama secara holistik.

“Harapan saya, kerja sama ini dapat berjalan lancar, dan bahkan berkembang ke arah yang lebih luas lagi,” tutup Stephane.

Kerja sama ini juga tak kalah menguntungkannya bagi sivitas akademika Universitas Pradita sendiri.

IFI Serpong dipercaya dapat membuka peluang akademik bagi dosen dan mahasiswanya.

“Kehadiran IFI Serpong diharapkan dapat menjembatani dan membuka kesempatan bagi sivitas akademika dalam menemukan peluang-peluang untuk studi lanjut, penelitian, joint programs dan kegiatan akademik lainnya dengan universitas-universitas di Prancis,” tambah Rektor Universitas Pradita Richardus Eko Indrajit.

Universitas Pradita yang merupakan salah satu unit bisnis PT. Summarecon Agung, melalui Yayasan Pendidikan Pradita Indonesia, sangat menyambut baik kerja sama internasional ini.

“Kolaborasi antara Universitas Pradita dan IFI ini diharapkan mampu mewujudkan visi yang telah digagas sejak awal, yakni menjadi Enterprise University yang berwawasan global,” ungkap Presiden Direktur PT. Summarecon Agung Tbk Adrianto P. Adhi.

Cabang IFI Serpong merupakan cabang yang terafiliasi dari IFI Pusat. IFI serpong menyediakan standar pendidikan mulai dari kurikulum, pengajar hingga ujian yang sama dengan IFI lain yang tersebar di seluruh Indonesia.